Dukung Calon Presiden Dari Kalangan Santri, Formas-NU Jatim Gelar Deklarasi Untuk Anies Baswedan di Jombang ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Dukung Calon Presiden Dari Kalangan Santri, Formas-NU Jatim Gelar Deklarasi Untuk Anies Baswedan di Jombang

-

Baca Juga

Deklarasi dukungan untuk Anis Baswedan yang dihadiri puluhan orang di Jombang (FOTO/IST)
Deklarasi dukungan untuk Anis Baswedan yang dihadiri puluhan orang di Jombang (FOTO/IST) 

JOMBANG (jurnalMojo.id) — Puluhan orang yang tergabung dalam Formas-NU (Forum Masyarakat Santri Nusantara) Jawa Timur (Jatim) menggelar deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan. Deklarasi ini  bertempat di salah satu hotel di Jombang, Kamis (18/5/2023).

Daerah Jombang dipilih sebagai tempat deklarasi wilayah Jatim. Karena Jombang identik dengan kota santri. Selain itu, di Jombang juga telah lahir sederet tokoh nasional. Oleh karena itu, Formas-NU Jombang siap menggaungkan nama Anies Baswedan. 

Ketua Umum Formas-NU Ahmad Rouf Qusyairi mengatakan alasan mengapa Anies Baswedan yang harus dipilih saat pemilu nanti, ternyata sosok Anies adalah sosok yang representasi dan sekaligus menginspirasi bagi kalangan santri. pihaknya mengklaim bahwa Anies adalah satu-satunya bakal calon presiden dari kalangan santri.

"Iya karena Mas Anies ini pernah menjadi Rektor Universitas Paramadina. Kita semua tahu Paramadina dilahirkan oleh Cak Nur (Nurcholish Majid). Saat orde baru ada tiga tokoh penting yang kritis terhadap negara, yakni Gus Dur, Cak Nur serta Cak Nun. Sekali lagi kita ingin menyerap spirit itu," tuturnya.  

Formas-NU memang ingin menyerap spirit kemanusiaan yang telah dicontohkan oleh Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid). Yakni, puncak tertinggi dari politik adalah kemanusiaan.

"Ini tentu selaras dengan konsep trilogi ukhuwah. Persaudaraan sesama muslim, persaudaraan sesama bangsa (Indonesia) dan persaudaraan sesama manusia. Ini yang dijadikan spirit teman-teman Formas-NU," katanya. 

Rouf juga mengklaim di DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki komitmen kuat terhadap kalangan nahdliyin. "Nah, ini yang ingin kita sampaikan kepada daerah-daerah yang lain, utamanya Jatim dan Jateng. Kedua karena visa perubahan yang digagas oleh Mas Anies," jelasnya. 

Untuk itu, setelah deklarasi Formas-NU Jatim, pihaknya segera membentuk tim dan relawan tiap kabupaten/kota, bahkan hingga unit paling kecil. Tujuannya, menyosialisasikan dan memenangkan Anies Baswedan.

"Jombang itu ijo dan abang (hijau dan merah). Kalau ijo dan abang sudah berkolaborasi dan menyatu memenangkan Mas Anies. Jika sudah demikian maka langit akan membiru cerah, sehingga padi yang menguning bisa kita panen," tambahnya. 

Selain relawan Formas-NU, Dalam deklarasi tersebut juga dihadiri kader partai seperti Nasdem dan PKS (Partai Keadilan Sehjahtera). Bahkan cucu pendiri NU KH Bisri Syansuri, Mu'linah Sohib atau Ming Lina juga hadir. (fer/jek)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode