Semarakkan HUT RI Ke-79, Warga RW 02 Balongcok Gelar Upacara Bendera ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Semarakkan HUT RI Ke-79, Warga RW 02 Balongcok Gelar Upacara Bendera

-

Baca Juga

Proses pengibaran bendera pada upaacara RW 02, Balongcok. (Muh. Hosen/jurnalMojo.id)
Proses pengibaran bendera pada upaacara RW 02, Balongcok. (Muh. Hosen/jurnalMojo.id)
MOJOKERTO (jurnalMojo.id) – Hari ini, tepat 79 tahun silam, menjadi momen bersejarah yang tidak mungkin bisa terlupakan oleh bangsa Indonesia. Momen dimana proklamasi berkumandang di seluruh negeri, yang menandakan bahwa Indonesia telah merdeka.

Sebuah kemerdekaan yang diraih berkat perjuangan yang gigih dari para pahlawan, menjadi hadiah terindah yang patut dibanggakan, sejak saat itu hingga saat ini.

Maka, sudah sepatutnya hal tersebut perlu disyukuri oleh seluruh bangsa Indonesia yang kini bisa menghirup kebebasan dari segala bentuk penjajahan.

Sebagai wujud rasa syukur serta untuk mengenang kembali hari yang sakral dan bersejarah tersebut, masyarakat di seluruh penjuru Indonesia biasa merayakannya dengan berbagai hal, salah satunya adalah dengan mengadakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih.

Seperti halnya yang dilakukan warga RW 02 di Lingkungan Balongcok, Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, pada Sabtu (17/08/2024) pagi.

Proses upacara yang tertib dan khidmat. (Muh. Hosen/jurnalMojo.id)
Proses upacara yang tertib dan khidmat. (Muh. Hosen/jurnalMojo.id)

Acara yang dimulai sekitar pukul 07.00 WIB tersebut, disambut antusias oleh warga. Sejak pagi mereka sudah berbondong-bondong berangkat dan berkumpul di area yang menjadi tempat diadakannya upacara tersebut.

Meskipun tampak sederhana, namun tidak mengurangi nuansa tertib dan khidmat dari awal hingga berakhirnya acara. Seluruh warga yang hadir begitu serius dan tegas melaksanakan upacara tersebut. Para petugas pun menjalankan tugasnya masing-masing dengan begitu baik.

Joko Sugiantoro, pada sambutannya dalam amanat upacara, mengungkapkan rasa bangga, syukur dan terima kasih atas terselenggaranya acara tersebut.

"Kegiatan seperti menghias kampung, lomba, jalan santai, barikan, bahkan upacara hari menjadi bukti semangat gotong royong warga Balongcok RW 02. Kita patut bangga, karena acara seperti ini belum tentu ada di daerah lain," terang Joko selaku ketua RW 02 sekaligus pembina dalam upacara tersebut.

Beliau juga berpesan pada warganya untuk tetap selalu rukun, meskipun mungkin ada banyak perbedaan. Menurutnya, kerukunan bisa diumpamakan layaknya lampu hias yang memiliki warna berbeda-beda, namun jika disatukan dan dinyalakan akan menjadi sebuah pemandangan yang begitu indah. Begitupun jika perbedaan-perbedaan yang ada di masyarakat bisa disatukan dengan hidup rukun.

Para petugas dan peserta upacara. (Muh. Hosen/jurnalMojo.id)
Para petugas dan peserta upacara. (Muh. Hosen/jurnalMojo.id)

"Selamat merayakan kemerdekaan RI yang ke-79. Saya tutup dengan pekik kemerdekaan. Merdeka, merdeka, merdeka!!" tutupnya, sembari disambut teriakan 'merdeka' pula oleh seluruh warga yang hadir.

Sementara Gaguk Irianto, yang merupakan ketua RT 01 sekaligus menjadi peserta pada upacara tersebut, mengungkapkan bahwa acara upacara kali ini berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah, semua warga mengikuti dengan tertib dan hikmat. Sehingga upacara bisa berjalan dengan lancar," ujarnya.

"Harapan saya ke depannya, semoga bisa lebih meriah dan lebih semangat dukungan dari warga pada upacara HUT RI yang selanjutnya," imbuhnya.

Setelah upacara selesai dilaksanakan, untuk menambah kerukunan antar warga, acara dilanjutkan dengan makan-makan bersama antar warga RW 02.

Sebagai informasi, upacara semacam ini sudah rutin dilakukan hampir setiap tahun oleh warga RW 02, Lingkungan Balongcok. Untuk petugas dan penanggung jawab acara ditunjuk secara bergilir setiap tahun antara RT 01, RT 02, dan RT 03 yang ada di RW tersebut. Dan untuk tahun ini, yang kebagian untuk menjadi petugasnya adalah warga RT 01. (sen/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode